RSS

membuat wallpaper aktraktif dengan html

18 Agu

Hadirnya Windows Vista saat ini adalah suatu hal yang aktrktif yang mungkin bagi sebagian orang berucap Wow..Dan mungkin sebagian juga ada yang mencibir keberadaan Windows Vista. Fitur- fitur yang diluncurkan Windows Vista ada banyak sekali, salah satunya Windows Aero. Windows Aero yaitu singkatan dari Authentic,Eenergic, Reflective ad Open. Artinya keberadaan Windows Aero bertujuan supaya interface dari windows lebih estetis dan bersih ketimbang antarmuka windows sebelumnya, termasuk jendela- jendela transparan, animasi dan tampilan yang bagus.
Salah satur fitur dalam Windows Aero adalah Life Wallpaper. Wallpaper dalam windows vista ini sangat nyata dan terkesan
real time. Masalah selanjuatnya yaitu hardware yang kita gunakan, apakah sanggup untuk dipasangi system operasi super heboh ini. Recruitment specification dari Vista adalah prosesor minimal 800 Mhz, RAM 512 MB, dan DirectX9. Spesikasi diatas digunakan untuk Vista Capable sedangkan untuk Vista Ready dibutuhkan spesifikasi prosesor 1 Ghz, RAM 1 GB, VGA card 128 MB. Bagi orang yang berduit dan ingin tampil kece, spesifikasi itu mudah didapat. Akan tetapi, bagi wong cilik seperti saya, ya harus nabung dulu dan plus puasa seminggu 4 kali (parah banget kelihatannya). Untuk itu kita perlu mensiasati masalah itu. Dengan membuat wallpaper atraktif sendiri. Di dalam Windows XP, kita dapat menggunakan file tipe HTML untuk digunakan sebagai wallpaper. Untuk itu, kita buat file HTML yang atraktif dengan menggunakan Macromedia Flash MX atau flah 8. Pada kali ini saya Mas Dika akan mengajari bagaimana membuat wallpaper dari nama yang TOP. Cara membuat wallpaper seindah wallpaper vista adalah sebagai berikut:
1. Sediakan software macromedia flash MX atau 8.
2. Setelah dibuka pilih Create New  Flash Document
3. Pada toolbar Properties (Ctrl + F3) pilih size 800 x 600 pixel sesuai standar tampilan computer anda.

4. Klik Text tool (T) dan ketikkan nama anda dan atur jenis huruf dan sesuai keinginan anda. Saya sarankan pilih
yang gedhe dan jelas kalo dilihat.

5. Truz klik timeline ke 60 , klik kanan dan insert keyframe. Dan pilih lagi create motion tween.

6. Setelah itu pada frame 1 klik teks dan pada table properties nanti akan muncul pilihan color. Disana terdapat banyak pilihan dan pilih Advance.

7. Klik setting dan nanti akan muncul toolbar Advanced Effect. Disana kita dapat mengatur warna dari tulisan kita. RED untuk pengaturan warna merah, GREEN untuk warna hijau, Blue untuk biu dan Alpha untuk nilai transparasi. Semakin tinggi nilai yang anda masukan semakin kelihatan warnanya.

8. Setelah itu lakukan hal yang sama pada frame 60. Akan tepi warna yang kita pilih harus berbeda dengan frame 1 supaya terlihat transdormasi antara warna awal sampai akhir.

9. Akhirnya jadilah anmasi nama kita. Jika mengiinkan tmbahan animasi lain juga dapat anda tambahkan sesuai selera. 10. Setelah itu kita masuk ke tahap publikasi. Klik File  Publish Setting ( Ctrl + Shift + F12 ). Kemudian pilih HMTL. Dan pada textbox File beri nama file anda.

11. Jika anda ingin menyeting lebih lanjut HTML anda klik tab HMTL pada Publish Settings. Setelah itu klik publish.
12. Ini saatnya menseting wallpaper anda(dereretttttt…..) kayak pilm kartun. Klik kanan pada properties seperti anda bisanya mengganti wallpaper. Dan ganti file of type dengan pilihan HTML

.

13. Dan hasilnya

14. Sekarang anda dapat menikmati windows atraktif anda. Anda dapat memodifikasi flash anda atau membuat flash yang lebih dari saya. Dan untuk fungsi HTMLnya dapat anda edit dalam Macromedia Dreamweaver. Keputusan menggunakan software bajakan dan asli itu niat dari hati anda.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 18, 2008 in tutorial

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: