RSS

Membuat Wallpaper Animatif

18 Agu

Beberapa hari yang lalu teman saya meminta untuk dibuatkan animasi jam dinding dari flash, rencana sih mau ditaruh di website dia. Setelah animasi jadi, muncul ide “Bagaimana ya kalau file swf ini ditaruh di desktop sebagai wallpaper?”, awalnya saya kesulitan karena setahu saya wallpaper di desktop hanya bisa membaca image jpeg, gif, dan bitmap, “Tapi kalau animasi gif saja bisa, maka……” pikir saya, kan flash bisa dieksport ke gif animation, tapi….. pembacaan script dan movie clipnya gimana?, setelah googling beberapa kali saya dapat informasi bahwa desktop bisa juga membaca file html, So………….saya coba bikin dan jadi. Berikut tutorial singkatnya. Semoga Bermanfaat

1. Silahkan download file html “clock.html” yg ada tersedia di atas, disini saya akan jelaskan secara singkat arti dari beberapa tag yang mungkin asing bagi teman-teman..

OBJECT classid=”clsid:D27CDB6E-AE6D-11cf-96B8-444553540000″

classid=” “ adalah sebuah attribute yang berisi URL dari object yang akan kita masukan, dan id ini bersifat unik, tapi dengan ActiveX control, nilai dari attribute ini tidak harus seperti URL (http://……./),

dan kode clsid:D27CDB6E-AE6D-11cf-96B8-444553540000 dapat berubah tergantung object apa yang akan kita masukkan (flash movie, atau quicktime movie, dsb)

codebase=”http://download.macromedia.com/
pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=5,0,0,0″

codebase=” “ adalah sebuah attributes yang terdiri dari URL sebagai relative base yang digunakan untuk mengakses object yang sudah diteteapkan oleh attribute classid.

PARAM NAME=wmode VALUE=transparent
tag ini dibuat agar nantinya file swf yang dihasilkan menjadi transparan.

2. Setelah itu simpan dengan nama clock.html di sembarang folder, jangan lupa pakai notepad atau teks editor yang lain.

3. Siapkan file swf yang mau dijadikan wallpaper dan sebuah bitmap image.

4. Kemudian taruh swf di sebuah folder, disini saya taruh di
C:\Documents and Settings\clock.swf

5. Setelah itu copy file clock.html ke folder C:\WINNT\Web\Wallpaper

6. Terakhir set wallpaper dan pilih clock.html

Catatan :
“Untuk beberapa komputer yang belum terinstall flash player, segera install flash player dan seteleh anda mengaktifkan clock.html, windows akan meminta plugin dari macromedia anda tekan ‘Yes’ aja.”

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 18, 2008 in Uncategorized

 

3 responses to “Membuat Wallpaper Animatif

  1. mulyono

    Agustus 19, 2008 at 2:11 am

    saya terima kasih atas bagi-bagi ilmunya mudah-mudahan tambah banyak. kalau aku pingin tanya-tanya bisa enggak ya…

     
  2. dooney285

    Agustus 20, 2008 at 2:18 am

    boleh aja, mau nanya apa?

     
  3. ardy

    Oktober 9, 2008 at 9:47 am

    halo…saya sudah membaca tulisan tentang membuat wallpaper animatif yang anda tulis dan isinya sungguh menarik untuk saya coba..tapi saya sedikit bingung tentang kata “Silahkan download file html “clock.html” yg ada tersedia di atas….”

    soalnya file html nya gak ada tuh..hanya beberapa potongan scrip html nya..apa emang itu aja scripnya ( yang dijelaskan ) atau emang ada scrip html yagn lainnya…

    tolong dibalas….soalnya tulisannya menarik sekali untuk dicoba…

    terima kasih sebelumnya..

    wasallam….

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: