RSS

Menggali Potensi Finansial Blog

18 Agu

Berbicara tentang Blog yang saat ini tengah digemari oleh banyak orang, seringkali tidak bisa lepas dari potensinya yang besar dalam hal pendapatan finansial. Google AdSense yang menjadi fenomena pendapatan online di Indonesia sejak tahun 2006 dianggap sebagai sumber pendanaan yang paling mudah dan menguntungkan.

Berbondong-bondong para pemilik web memasangkan kode AdSense di situsnya. Mereka berlomba-lomba untuk mendatangkan pengunjung ke situsnya, sehingga dapat menciptakan peluang untuk memperoleh dolar setiap kali iklan di-klik oleh pengunjung.

Informasi mengenai peluang ini terus menyebar, komunitas-komunitas bermunculan, sehingga akhirnya AdSense menjadi ladang bisnis yang luar biasa besar, menggiurkan, dicari-cari oleh banyak pengguna internet, dan seringkali menjadi sebab awal seseorang terjun ke dunia internet.

AdSense adalah hasil karya kreatif dan merupakan program periklanan yang ditawarkan oleh Google. Semua pemilik web diperbolehkan memasang iklan AdSense di situs mereka asalkan tidak melanggar perjanjian yang sudah ditetapkan oleh Google AdSense. Iklan yang ditampilkan adalah iklan-iklan dari para pemasang iklan yang terdaftar di Google Adwords.

Google Adwords merupakan layanan dari Google untuk menjaring iklan dari para pemasang iklan di seluruh dunia. Iklan tersebut akan ditampilkan di dalam halaman hasil pencarian Google, situs-situs rekanan Google, dan situs-situs yang bergabung ke Google AdSense

Para pemasang iklan di Adwords dapat mengatur kata kunci (keyword) yang menyebabkan iklannya tampil di sebuah website. Apabila isi dari situs Anda sesuai dengan kata kunci yang telah diatur oleh para pemasang iklan, maka iklan tersebut akan muncul di dalam situs Anda.

Apabila iklan tersebut di-klik oleh pengunjung situs Anda, maka si pemasang iklan akan membayar sejumlah uang kepada Google sesuai dengan besaran dana yang dia ajukan sebelumnya. Selanjutnya Google akan menyimpan sejumlah uang ke dalam akun Anda sebagai hasil jerih payah menarik pengunjung memilih iklan tersebut.

Melangkah Lebih Jauh

Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada satu hal yang perlu ditekankan. Google AdSense bukanlah program cepat kaya seperti yang sekarang diasumsikan oleh banyak orang. Bukan kaya dalam satu malam, bukan pula mendapat ratusan dolar hanya dengan duduk depan komputer 10 menit sehari.

AdSense adalah bisnis yang sama dengan bisnis di dunia nyata! Sama seperti bisnis lain, perlu dedikasi yang tinggi untuk sukses di dunia ini. Penjelasan tersebut bukan untuk menakut-nakuti Anda, namun lebih semata-mata menghindari kesalahpahaman yang selama ini dibuat oleh banyak orang.

Banyak dari mereka kemudian mundur di tengah jalan setelah mengetahui bahwa ada yang perlu dipelajari, dipraktekkan, serta dibutuhkan ketekunan untuk mengelolanya. Agar tidak menjadi salah satu dari mereka, tulisan ini dibuka dengan fakta dan alasan yang sesuai dengan hasil yang akan Anda peroleh.

Namun optimislah, yakinlah dengan kerja keras hasil pasti akan dituai. Sudah banyak sekali para pemilik akun AdSense Indonesia yang berpendapatan rutin paling tidak 100 USD per bulan.

Anda bisa mampir ke forum adsense-id.com atau situs buku-adsense.blogspot.com untuk melihat dan membuktikan. Tidak ada alasan bagi Anda untuk kalah sebelum bertanding. Belajar dan praktekan, niscaya penghasilan rutin dari Google AdSense bisa anda raih.

Yang Harus Dilakukan

Jika Anda bukanlah orang yang mahir membuat web, Blog dapat menjadi pilihan yang mudah. Pertama-tama, buatlah terlebih dahulu akun Blog di www.blogger.com. Blogger.com atau sering disebut sebagai Blogspot merupakan layanan Blog gratis yang memberikan kemudahan kepada penggunanya dalam memasang iklan dari Google AdSense. Layanan Blog gratis yang lain tidak memungkinkan untuk hal tersebut.

Selanjutnya mulailah menulis berbagai hal yang Anda sukai. Jika dimungkinkan, tulislah dalam bahasa Inggris yang dapat dibaca oleh pengunjung dari seluruh dunia. Jika perlu, Anda bisa menggunakan dwi bahasa dalam satu artikel untuk mempermudah pengunjung Indonesia dan manca negara.

Selanjutnya promosikan Blog Anda ke pengguna internet di seluruh dunia melalui Google, Yahoo!, dan mesin pencari lainnya. Anda dapat mencoba http://www.google.com/addurl/ untuk mendaftarkan situs Anda ke dalam Google dan https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit untuk Yahoo!.

Untuk membuat betah pengunjung, tambahkan beberapa asesoris Blog atau sering disebut sebagai widget ke dalam sisi Blog. Salah satu widget yang umumnya dibutuhkan adalah kotak pesan atau shoutbox untuk meninggalkan pesan, berkomentar, ataupun memberikan kritik dan saran. Asesoris jam, kalender, dan pencatat jumlah pengunjung (web counter) juga umumnya dipasang untuk memperindah tampilan Blog.

Setelah semuanya disiapkan, Anda dapat mendaftarkan diri ke Google AdSense, baik melalui http://adsense.google.com maupun melalui fasilitas penambahan elemen halaman yang terdapat di dalam menu Tata Letak atau Layout. Anda akan memperoleh kode JavaScript yang dapat digunakan untuk menampilkan iklan di dalam Blog Anda.

Tidak Harus Dikunjungi

Karena Blog menyediakan teknologi RSS atau Really Simple Syndication, artikel yang Anda tulis di dalamnya bisa dibaca oleh orang lain tanpa harus mengunjungi situs pemiliknya. Anda bisa menggunakan ponsel, PDA, atau aplikasi desktop untuk membaca artikel-artikel di dalam Blog tanpa harus membuka situs tersebut. RSS merupakan format dokumen untuk bertukar konten yang menggunakan kode-kode XML.

Selain RSS, Anda juga dapat menggunakan Atom yang berfungsi sama namun lebih baru namun belum digunakan secara luas. Sama halnya dengan RSS, Atom juga merupakan format dokumen untuk bertukar konten yang menggunakan kode-kode XML.

Dengan menggunakan Aggregator atau pembaca dokumen RSS/Atom, sebagian informasi di dalam Blog bahkan dapat digabungkan ke dalam situs lain. Sebagai contohnya, Anda dapat melihat berita-berita dari situs web media massa tertentu di dalam http://bukutips2.blogspot.com dan http://id.yahoo.com.

Apabila sebagian informasi tersebut di-klik, maka halaman web akan berpindah ke halaman pemilik informasi tersebut. Hal ini dapat digunakan untuk meningkatkan popularitas dan jumlah kunjungan ke situs Anda. Semakin banyak pengunjung, apalagi dari mancanegara, semakin terbuka peluang iklan-iklan yang ada di dalam Blog dipilih.

Semakin banyak iklan di-klik oleh pengunjung, maka semakin besar peluang untuk memperoleh dolar dari Google AdSense. Asalkan jujur dalam menjalankan usaha ini, pendapatan tersebut akan dapat Anda nikmati dalam jangka waktu yang tidak terbatas. Sudah tidak sabar mendapatkan Dolar dari AdSense?

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 18, 2008 in tutorial

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: